SEKILAS INFO

PEMBINAAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGA DI SMAN 2 SLAWI, 6 OKTOBER 2017

B Putra S 17 Okt, 2017 BERITA, SLIDE

Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan- KEGIATAN PEMBINAAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGA DI SMAN 2 SLAWI,KABUPATEN TEGAL. 6 OKTOBER 2017
Pada tanggal 6 Oktober 2017 telah dilaksanakan pembinaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang bertempat di SMAN 2 Slawi, Kabupaten Tegal. Pembinaan tersebut dihadiri oleh seluruh siswa, guru, staf TU SMAN 2 Slawi, guru dan siswa sekolah lain di kabupaten Tegal, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal.
Pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Dr. Imam B. Prasodjo, sosiolog UI sekaligus Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dr. Imam B Prasodjo menyampaikan materi terkait pemanasan global meliputi penyebab dan dampaknya serta upaya untuk menghadapi pemanasan global tersebut. Selain itu Ibu Cicilia Sulastri, SH., M.Si menyampaikan materi terkait kriteria Sekolah Adiwiyata. Ke dua pembicara memotivasi seluruh peserta yang hadir untuk merubah perilaku menuju sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.
Acara cukup meriah dengan dihadiri seluruh siswa dan guru SMAN 2 Slawi, serta perwakilan kepala sekolah dan guru2 sekolah sekitar SMAN 2 Slawi. Diakhiri dengan ikrar bersama untuk menjadi Barisan Penyelamat Bumi dan melestarikannya.

Photo: Bapak Dr. Imam B. Prasodjo bersama dengan para Siswa/i SMAN 2 Slawi
Setelah acara kuliah umum dilakukan, acara dilanjutkan dengan FGD untuk merancang program aksi. Dari hasil FGD, para guru dan beberapa siswa sebagai kader GAUL (gerakan aksi untuk lingkungan) berjanji akan membuat Grand Design penataan lingkungan sekolah sebagai langkah awal menentukan zonasi penanaman kebun sayur mayur, tanaman obat, bunga dan beragam jenis tanaman keras. Selain itu peserta memiliki rencana untuk membuat program aksi terkait pengelolaan sampah melalui 3R (reduce, reuse dan recycle), upaya penghematan energi, penghematan air hingga pencegahan polusi udara.

Photo: Bapak Dr. Imam B. Prasodjo berkunjung ke pusat peternakan dan melihat langsung cara mengelola peternakan dan pertanian

Setelah melakukan pembinaan di SMAN 2 Slawi, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke pusat-pusat peternakan dan pertanian. Balai Peternakan Kambing dan Sapi di Baturaden, dan Komunitas Peternak Cacing Sutra dan Ikan Koi. Lokasi tersebut dapat menjadi lokasi rujukan dalam mengelola peternakan dan pertanian yang ramah lingkungan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENGUMUMAN

KOLEKSI VIDEO DAN GALERI FOTO

0N3R1D3R - ERROR VIOLENCE
REBORN TO DESTROY